Kamis, 25 Maret 2010

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP (Biologi)

Semua makhluk hidup memiliki persamaan ciri-ciri yang dapat membedakannya dengan benda tak hidup. Ada 7 ciri-ciri makhluk hidup adalah:

1. Bernapas (Respirasi)
--> Manusia bernapas dengan paru-paru dan ikan bernapas dengan insang. Tumbuhan memasukkan dan mengeluarkan oksigen melalui stomata dan lentisel.

2. Bergerak
--> Manusia bergerak dengan kaki, burung terbang dengan sayap, dan ikan berenang dengan sirip. Tumbuhan bergerak, misalnya akar menembus tanah.

3. Memerlukan Makanan
--> Manusia makan sayuran atau daging. Hewan pun makan tumbuhan atau hewan lainnya. Tumbuhan memperoleh makanan dengan fotosintesis.

4. Tumbuh
--> Manusia tumbuh dari bayi menjadi dewasa. Tumbuhan juga tumbuh dari biji yang berkecambah lalu menjadi tumbuhan dewasa.

5. Berkembang biak (Reproduksi)
-> Makhluk hidup berkembang biak untuk mempertahankan kelesatarian jenisnya, misalnya kucing berkembang biak dengan melahirkan atau tanaman pisang berkembang biak dengan tunas.

6. Peka Terhadap Rangsangan
--> Manusia peka terhadap rangsangan cahaya, suara, rasa, bau dan sentuhan. Hewan dan tumbuhan juga peka terhadap rangsangan, misalnya kelelawar peka terhadap suara dan tumbuhan putri malu peka terhadap rangsangan sentuhan.

7. Mengeluarkan Zat-Zat Sisa (Ekskresi)
--> Manusia, hewan, dan tumbuhan mengeluarkan zat sisa dari tubuhnya. Misalnya, manusia dan hewan mengeluarkan urin dari karbon dioksida. Tumbuhan mengeluarkan karbon dioksida dan oksigen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar